Home » , , » Tips Cara Untuk Perawatan Helm

Tips Cara Untuk Perawatan Helm

Written By Cyber's biker community on 15/02/14 | 17.06

helm, tips peraawatan helm, membersihkan helm,

Helm merupakan perlengkapan yang sangat penting  dalam berkendara khususnya roda dua. Helm yang sesuai standar  keselamatan akan melindungi pemakainya apabila terjadi benturan. Karena begitu pentingnya fungsi dari helm, maka penting pula mengetahui cara perawatan helm yang kita pakai. Berikut adalah tips sederhana untuk merawat dan membersihkan helm:

Tips untuk perawatan helm:  

Alat yang diperlukan:
 

1. Kanebo
2. Tisu
3. Pembersih kaca
4. Pengharum helm (optional)
5. Kit pengkilap (optional)

Proses:

1. Bersihkan setiap hari kaca helm Cysers dengan lap kanebo (jika kondisinya kotor), tapi lakukan dengan hati-hati dan perlahan lurus dari atas turun kebawah. Hal ini untuk menghindari debu atau partikel keras merusak atau mengores visor/kaca helm. Kaca helm yang tergores biasanya akan membuat pecah pancaran cahaya yang diterima saat malam hari. Sebaiknya kaca helm yang kotor karena debu atau serpihan serangga yang mati jangan dilap langsung dengan kanebo, karena sisa kotoran akan menggores visior. Semprot/basahi dulu kaca helm dengan air sabun ( PH rendah ) biarkan air sabun bereaksi melunturkan debu atau kotoran hingga air sabun melarut, setelah 2 menit, gunakan lap berbahan kain lembut untuk menyeka kaca. baru setelah beberapa menit, lap dengan kanebo.

2. Setelah itu ambilah tisu dan pembersih kaca. Semprotkan pembersih kaca dan keringkan dengan tisu, tetap lakukan dengan hati-hati dan perlahan.

3. Bersihkan dengan kit /pengkilat motor untuk lapisan luarnya, agar tampilan tetap kinclong.

4. Semprotkan secukupnya pengharum helm untuk bagian dalam.

Cuci bagian dalam helm bagi yang bisa di copot (minimal dua minggu sekali) dengan cara di rendam di air panas plus detergent. Bilas dan keringkan dengan di angin-angin, jangan di kucek dan di peras karena akan merusak busa didalamnya.
 

Catatan :
- Sangat tidak di sarankan menggunaan kapur barus untuk menghilangkan bau apek di dalam helm, karena akan merusak kulit dan busa lapisan dalam helm.

- Penggunaan helm maksimal 3 tahun, dan apabila sudah beberapa kali terjatuh (lebih dari 5 kali) disarankan untuk diganti. Gunakan helm yang memenuhi standar kualitas seperti DOT (Departemen Of Transportasi USA), SNELL (Eropa), SNI (Indonesia).

- Gunakan visor/kaca helm bening untuk optimalisasi pandangan di malam hari.

- Jangan pernah menggunakan Cairan pengilap/Kit pada Visor/kaca.

- Segera lap dan keringkan kaca helm setelah kehujanan, karena derajat asam dari air hujan akan membuat jamur pada kaca.
 

Sayangilah kepala Anda seperti menyayangi diri sendiri dan keluargamu. Gunakan helm full face atau half face, jangan pernah gunakan helm cetok.
 

Source: motorplus

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...