Home » , » Tips Tambal Ban Tubles Sepeda Motor

Tips Tambal Ban Tubles Sepeda Motor

Written By Cyber's biker community on 29/04/12 | 05.28


Ada-ada saja aksi oknum tambal ban. Lubang kecil yang menyebabkan ban bocor pada ban tubles ditusuk oleh alatnya yang kira-kira sebesar jari kelingking tangan. Dalihnya, inilah cara menambal ban tubles. Lha bukannya alat sebesar itu malah merusak komponen ban ?

Menurut Ade, Bikers Yamaha Scorpio Club sekaligus pemilik bengkel dan toko spare parts di Bilangan, Kelapa Gading, Jakarta, taktik nakal ini memang membuat ban sehat lagi, tapi beberapa saat kemudian, bocor serupa tak terhindarkan, bahkan di tempat yang sama pula. Dikarenakan komponen ban rusak parah saat ditusuk. Ban tubles didesain dan dibuat dengan lapisan ban yang ada di dalamnya, sehingga saat bocor dapat bertahan hingga beberapa saat. Tapi, jika sudah terkena "alat pamungkas" dari oknum tambal ban, komponen tersebut menjadi cepat rusak.

Ada cara murah dan awet untuk menambal ban tubles. Cukup oleskan lem Power Glue pada area yang bocor. Jika kondisinya memungkinkan, motor bisa dibawa pulang, maka kesempatan mencoba tips ini semakin mudah.

Berikut tips ringkas menambal ban tubles dengan lem Power Glue :

1. Cabut Paku

Apabila ban tersebut tertusuk paku, cabut paku secara perlahan dengan posisi lurus untuk memastikan paku tersebut tidak merusak komponen dalam ban.

2. Cuci

Cucilah terlebih dahulu ban tubles dengan air sabun, kemudian periksa lebih teliti bagian mana yang mengeluarkan gelembung. Dan pastikan area yang bocor ditandai dengan benar untuk menghindari kesalahan saat menambal.

3. Keringkan

Setelah ban dicuci, lap dengan kain dan pastikan area bocor yang sudah ditandai tadi dalam kondisi kering.

4. Proses Lem

Pastikan lem masuk ke dalam ban dengan menusuk-nusuknya menggunakan tusuk gigi atau paku kecil yang bersih. Tujuannya hanya untuk memastikan lem benar-benar masuk ke dalam ban. Setelah kering, ban kembali diisi angin dan motor dapat segera digunakan lagi.

Menurut pengalaman Ade selama ini, dengan menggunakan lem Power Glue, dapat memberikan dua keuntungan, yaitu :

~ Hemat biaya, sebab hanya dengan 1000-2000 rupiah, lem Power Glue bisa didapat di toko atau warung terdekat.

~ Komponen ban lebih awet sebab lem tidak merusak komponen yang ada di dalamnya.

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Sumber: Majalah Motodream Edisi April 2012, hal 12

1 komentar:

  1. memang paling baik kalo menambal ban pakai lem biar tidak merusak jaringan pada ban mobil atau motor

    BalasHapus