Home » » Bajaj Auto Menjadi Pabrikan Terbesar Ke-3 di Dunia

Bajaj Auto Menjadi Pabrikan Terbesar Ke-3 di Dunia

Written By Cyber's biker community on 24/05/12 | 01.54


Siapa menyangka Eropa yang begitu berkibar diera 1960an tergilas oleh eksistensi Produk Asia seperti Jepang. Yamaha, Honda, Suzuki, Kawasaki merupakan nama-nama brand yang mendominasi produk masal dewasa ini. Dan percaya atau tidak, macan industri otomotif roda dua yang saat ini dipegang oleh Jepang nampaknya mulai digerogoti India.


Seperti dilansir Bikeadvice, pada tahun 2011, Bajaj sukses menjual lebih dari 3,8juta unit motor keseluruh dunia. Angka tersebut sudah cukup mengokohkan posisinya sebagai best three manufacture penjual roda dua terbesar. Torehan prestasi bahkan mengalahkan pabrikan Jepang seperti Yamaha, Suzuki serta Kawasaki. Bajaj hanya kalah melawan Honda dan HeroMotocorps. Varian Pulsar dan Discover merupakan penyumbang terbesar sales Bajaj. Tercatat sejak awal peluncurannya, keduanya sudah terjual 5 juta unit. Discover diperkirakan juga bakal menjadi produk nomer dua terlaris di India. Varian tersebut sukses terjual 1,5juta unit hanya pada rentang waktu 2011-2012. Selain pasar domestik, Bajaj ternyata juga kuat dipasar eksport.


Pada kuartal 2011-2012, eksport produk tembus 1.27juta unit. Boxer merupakan varian terlaris di Afrika. Sedang pasar Amerika latin dipegang oleh Pulsar 135LS. Disana motorsport 135cc four valve ini berani bersaing melawan Honda ACE CB125 (banderol berkisar USD600) serta beberapa brand China terkenal. Penyebaran Pulsar juga mencapai Asia Tenggara tempat dimana merk Jepang begitu kuat. Hebatnya, dari total market Pulsar series sukses menjadi nomer satu di-12 negara dari 35 negara tujuan eksport mereka.

Kini Bajaj Auto semakin memantapkan posisinya dengan menguasai 10% market share global motorcycle. Target kedepan adalah meningkatkan hingga 30%. Apakah bisa? Melihat agresifnya geliat pabrikan berlambang bluetooth, kesempatan tersebut tetap terbuka lebar. Apalagi secara teknologi mereka sekarang dibantu KTM Austria yang tidak diragukan kredibilitasnya. Sayang ditanah air sendiri isu 3S masih menjadi pengganjal utama yang harus serius dibenahi. Dan selama Bajaj tidak buka pabrik disini serta masih mengandalkan import dari India, penyakit akan susah disembuhkan.

Teknologi boleh tinggi tapi kalau untuk pelayanan sparepart memble sama aja boong. Tantangan buat BAI kedepan agar serius menyikapi fakta ini.

Source:
http://iwanbanaran.com

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...